BICARA SOAL ETIKA MEROKOK

sumber gambar: google


Hi, Balik lagi sama gua Dina. Kali ini gue mau bicara soal keresahan gua dengan para perokok yang gak ada etika dalam mengaplikasikannya. Jujur gue gak keberatan kalo lo ngerokok, bahkan saat kita nongkrong bareng pun gue gak keberatan, gue rela parfum gue yang tadinya wangi mints berubah jadi bau tembakau. Gue rela, tapi tolong etikanya dijaga. 
Kalo lo milh jadi seorang perokok jangan egois. 
1. Jangan pernah ngerokok kalo lo lagi menggunakan kendaraan. Mau lo yang ngendarain ataupun lo yang jadi penumpang, karena sumpah ganggu banget itu abu rokok lagi bagi pengendara motor di belakang lo. Apalagi kalo ketemu perokok yang kayak gitu pas lagi nunggu lampu merah. Itu paling ngeselin. Nanti Pasti ada aja perokok yang jawab, ya elah kan di ruang terbuka lagian lo juga pake helm kan? Eh centok nasi yang udah kuning Lo pikir semua orang yang pake helm, kaca helm nya ditutup terus. Walau helm di tutup juga itu asap rokok lo masih bisa masuk. Apa susahnya sih tahan dulu nafsu ngerokok lo itu. Emang kalo lo gak rokok, itu mulut lo akan tumbuh banyak sariawan. Kan enggak. Kalo memang gak tahan, yaudah nepi dulu sana buat sebat.
2. Ngerokok di tempat keramaian, kayak lagi nonton bola atau konser di stadion. Meski itu di ruang terbuka ya tetap aja. Di sana itu yang nonton bukan kaum lo semua njir. Ada ibu-ibu hamil, anak kecil, orang yang udah tua. Masa’ iya lo setega itu ngerusak paru-paru mereka. Nanti ada aja yang jawab, ya itu resiko lah Namanya juga tempat ramai. Hei knalpot sobek, justru karena tempat ramai lo harusnya paham. Gini-gini kalo otak yang isinya cuma asap doang.
3. Kalo kita lagi nongkrong bareng, tolong lah asapnya jangan lo arahin langsung ke muka gue. Kalo lo buang asapnya tepat dihadapan muka gue apalagi lo pengguna vape, sumpah itu ngeselin banget. Gue seraya kayak lagi ngobrol di tengah-tengah fogging. Mungkin motivasi lo biar gak ada nyamuk kali ya? Tapi gak gitu juga kali gayung love.
4. Terus kalo lagi diruangan tertutup walaupun gak ada tulisan dilarang merokok. Ya tetap aja jangan merokok, apalagi kalau ada anak kecil atau ibu hamil. Dampak buruk dari asap lo sangat besar hei pentol korek. Ya kalo mau rusak ya rusak aja sendiri, jangan ngajak-ngajak orang.
5. Merokok saat lagi pup. Emang sebau itukah pup kalian sampe harus ngubahnya jadi bau tembakau. Gue Cuma saran mending jangan lagi deh, udah ada kasus kan? Orang meninggal saat lagi pup gara-gara sambil ngerokok.

Ada orang yang padahal dia itu punya uang pas-pasan tapi rela malah beli rokok daripada beli makan. Kenyang kagak, asam lambung iya. Tapi gue paham sih kenapa gitu, karena diotak mereka itu beranggapkan kalau merokok adalah cara murah untuk sedikit membantu menghilangkan stress. Menurut mereka, nasi bukan makanan pokok, tapi rokok. Jadi walaupun harga rokok naik, ya tetap aja mereka beli. Bahkan yang gue tahu, ada rokok KW dong. Bukan Cuma tas doang ternyata yang KW. Saran gue hati-hati deh sama rokok KW ini, karena kita gak tahu kandungan apa aja yang ada di dalamnya. Yang asli aja berbahaya apalagi yang KW.

Percaya atau tidak, orang perokok itu rata-rata susah untuk dibilangi. Setiap kali dikasih tahu, ada aja jawabannya bahkan kadang ada yang malah marah-marah serasa dia yang punya dunia ini. Jadi mending kita yang waras, ngalah aja deh. Ngomong sama mereka itu sama aja kayak kita ngomong sama bola basket, mantul. Oke, cukup deh, karena gue yakin udah ada perokok yang tersinggung dengan pembahasan gue ini. Kalo enggak, fix otak mereka udah dipenuhi sama asap semua.

Sebelum gue tutup,kalo mau saran enaknya Bahas apa lagi, bisa langsung aja DM di ig @dinadk.08. Aku Dina, pamit undur diri.

No comments:

Post a Comment

Pages